Skip to main content

Pulau Jeju Bebas Visa di Korea Selatan

์•ˆ๋…•...

Banyak sebagian kabar yang beredar jika mengurus Visa korea selatan tidak lah mudah. Bener sekali! dokumen lengkap juga terkadang tidak menjamin dapat di terimanya sebuah pengajuan aplikasi. jika kamu menanyakan kepada pihak kedutaan, maka kamu tidak akan menemukan jawaban pasti, tentang apa alasan visamu di tolak. ya... semua itu hanyalah tuhan dan pihak kedutaan yang tau. jadi yang harus kamu lakukan ya ikhlas dan mencoba lagi di tiga bulan kemudian.

untuk pergi ke korea selatan kita memang membutuhkan sebuah visa. namun ada 1 daerah di korea selatan yang di bebaskan masuk tanpa memiliki visa. yup! namanya Pulau jeju. pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada di korea selatan yang letaknya di sebbelah selatan semenanjung korea.
jadi kamu yang visa nya di tolak kamu ga perlu sedih karna ga bisa pergi ke korea, kamu tetep bisa berkuncung ke pulau jeju kok. Karna di sana juga ada 4 musim. Kebetulan saya pergi di bulan juni, jadi cuacanya masih segar dan belum terlalu panas^^

Pulau jeju ini terkenal dengan sebutan Hawainya Korea yang merupakan destinasi terkenal di korea selatan. dan terkenal pula dengan hasil lautnya yang banyak. tentunya banyak sekali makanan baku yang berasal dari laut.

baiklah langsung saja kita bercerita bagaimana indahnya pulau jeju.
Kamu yang akan pergi ke Pulau Jeju dan berangkat melalui medan, kamu harus transit dulu. seperti saya yang pernah solo dari medan-Jeju (Transit di Kuala Lumpur) dan rasanya campur aduk. karna pribadi saya belum pernah melakukan perjalanan dengan transit. tapi ternyata gampang loh, banyak petunjuk di setiap bandara jika kita transit. yang penting kamu juga harus bisa membedakan jam indonesia dengan jam dimana kamu transit. jangan sampai kamu ketinggalan pesawat karna kamu ngotot jam kamu itu tidak salah..

baiklah setelah sabar menunggu waktu transit, selanjutnya kamu akan menuju pulau jeju waktu di pesawat 5 jam ya, tapi karna perbedan waktu antara KUL dan Jeju 1 jam, jadi durasi waktu menjadi 6 jam perjalanan. dan sesampainya di jeju, kamu harus melewati immigrasi korea yang tidak jarang mengintrogasi siapapun yang mereka anggap mencurigakan. saya juga dulu masuk office dan mereka curiga kalau saya akan mancari kerjaan ilegal di sana, namun saya bilang saya di sini akan bertemu dengan suami saya. tak lama kemudian suami saya pun melenpon pihak imigrasi. seingat saya ada 6 orang dalam introgasi Office, dan 2 orang di antaranya orang indonesia (termasuklah saya dan 1 orang laki laki berasal dari Bali). namun karna alasan saya jelas, akhirnya saya di izinkan masuk. Beberapa minggu kemudian saya juga mendengar berita buruk, bahwa seorang solo traveller yang berasal dari indonesia telah di deportasi karna tidak di izinkan masuk ke Pulau jeju. serius itu sangat menakutkan...

setelah saya keluar dari post Office saya pun bertemu dengan suami (dengan tambahan drama pastinya hehhehe) dan kami langsung menuju tempat penyewaan mobil (ya biar enak aja gitu kemanamana, maklum suami juga ga tau benar tentang wilayah jeju). Setelah kami menemukan mobilnya, kami pun langsung mencari makanan, karna posisi jam di sana sudah menunjukan pukul 4 sore. ๐Ÿ˜‚
Lalu kami mencari makanan halal (saya lupa nama makanannya, namun makanan ini ada versi non halalnya ya. So berhati hatilah) tidak jauh dari tempat penyewaan mobil. Mungkin sekitar 30 menit.

Setelah makan kami pergi berbelanja bahan makanan. Dan selesai belanja kami pun menuju homestay. Sesampainya di homestay sejenak kami bercerita cerita karna sejatinya LDR an itu pedih hhehehhe
Lama mengobrol ternyata kami lapar lagi. Akhir ya kami keluar dan menikmati udara malam di pulau jeju. Namun kami hanya membeli susu pisang, strawberry dsn sussi siap makan saja heheheh.

Setelah lelah melihat pemandangan malam, kami pun kembali ke homestay dan langsung beristirahat...

Kemudian keesokan paginya kami mulai beraksi. Berikut tempat yang kami jelajahi dalam 3 hari ๐Ÿ˜

Air terjun cheoncijeon
Seongeup folk village
Seongsan ilchubong

Misterius road

Dan sedikit moment makanan yang sempat kami photo seperti d bawah..

Hari terakhir di pulau jeju kami habiskan berjalan d pantai dan market.

Kemudian waktu malamnya kami membuat BBQ ala suami.

Setelah selesai makan BBQ dan selesai membersihkan peralatan, kami langsung istirahat karna besok akan langsung check in pulang ke kota masing masing. Benar benar waktu berjalan sangat cepat.

dan baiklah, bersiap untuk terbang kembali ke kuala lumpur untuk transit.

Saya menunggu transit selama 2 jam. Lelah sekali karna pesawat akan berangkat ke medan pukul 10 malam.

Nah. Begitulah sedikit pengalaman dan informasi terkait pulau jeju yang ada di korea selatan. Jadi kamu ga usah kwatir, kamu tetap bisa mengunjungi korea tanpa repot repot bikin visa. Hehehhe
Tapi kalau kamu mau ke korea by pulau jeju, tetap ga bisa ya. Bisa kena penalty kamu kalau berani nyebrang ๐Ÿ˜‚