Skip to main content

Manfaat Luar Biasa Sawi Pahit Untuk Kesehatan


안녕... 


sawi adalah sayuran hijau yang banyak mengandung manfaat. sawi sendiri terbagi beberapa macam, ada sawi hijau, sawi putih dan yang termasuk kita bahas kali ini yaitu sawi pahit. apa bedanya sih sawi pahit dngan sawi hijau? toh warna nya juga sama sama hijau! baik, kali ini kita ulas sedikit perbedaan dari sawi hijau dan sawi pahit. jika sawi hijau cenderung di gunakan sebagai bahan campuran bakso, mie ayam, capcay, maupun bihun goreng karna sawi hijau sendiri tidak memiliki rasa pahit seperti sawi pahit. dari segi rasa sawi pahit ini sama dengan namnya yang akan terasa sedikit lebih pahit. namun pahitnya sawi pahit masih lebih jauh pahit daun pepaya kok hehehe, jadi jangan takut untuk mengkonsumsi sawi pahit ya..

meski sedikit pahit tak jarang loh orang yang suka sekali mengkonsumsi sawi ini secara berkala. ya karna mereka tau, jika sayuran satu ini mengandung berbagai macam manfaat. di bawah ini beberapa manfaat sawi pahit yang baik untuk kesehatan kamu, yuk kita simak

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Antioksidan dari Sawi pahit kaya akan vitamin A dan Vitamin D. Antioksidan adalah zat penting guna mencegah kerusakan sel dan mutasi DNA khusunya yang di sebabkan oleh strees aksidatif. Jadi jika kamu streess dan mendapat banyak pikiran, coba deh kamu konsumsi sedikit sayur ini, agar beban stres kamu berkurang. Namun selain vitamin A dan D, ternyata di sayur sawi pahit ini masih mengandung vitamin lainnya, yaitu vitamin K. Maka dari itu hanya dengan mengkonsumsi sawi pahit kamu bisa terhindar dari masalah tulang  hingga osteoporosis, lalu melindungi sel yang melapisi pembuluh darah sekaligus mengurangi rasa kram saat menstruasi pada wanita.

2. Mendetoksi Hati dan Darah

Selain memiliki kandungan antioksidan tinggi, sawi pahit juga mampu membersihkan organ hati dan darah dari bahan bahan kimia atau pertisida yang ada di dalam tubuh. Karna di sayuran ini terdapat banyak klorofil. Dalam sebuah penelitian pun, sawi pahit di katakan memiliki peran dalam mencegah kanker.

3. Sumber Serat

Tinggi serat yang di kandung  oleh sawi pahit sebenarnya bisa mengontrol kolesterol engan cara mengurangi penyerapan  kolesterol di dalam usus. Selain itu banyak mengkonsumsi sayuran ini juga bisa  menurunkan tekanan darah tinggi maupun penyakit gastrointestinal. Jadi jika kamu memiliki tingkat emosi yang cukup tinggi, tunggu apalagi segera beli lah sayuran ini. ^^

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Dengan mengkonsumsi sawi pahit sehari kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin c mu hampir 60%. Kamu tau kan manfaat vitamin C untuk tubuh kamu? Ya, vitamin c di perlukan untuk menjaga gigi dan tulang, memperlambat kerusakan sel dalam tubuh, menjaga jaringan tubuh agar tetap sehat dan termasuk juga melawan radikal bebas.

5. Melindungi Kulit dan Mata 

Vitamin A dalam sawi pahit berguna dalam menjaga kesehatan penglihatan dan juga solusi kecantikan kulit. Nah, bagi kamu yang ingin awet muda, tanamkan rajin mengkonsumsi sayu sawi pahit ini, karna Vitamin A yang terkandung membuat semua fungsi tubuh akan tetap terjaga.



Agar manfaat nya maksimal, saat memasak sayur sawi pahit ini, kamu bisa memasak sayuran dengan dengan cara di tumis. Baik di campur dengan berbagai macam daging, seafood dan lainnya. Namun kamu juga tetap bisa mengkonsumsinya dengan keadaan mentah, seperti salad. Saat memasak, pastikan jangan memasaknya terlalu lama, agar kandungan gizi yang terdapat di sayuran ini tidak ikut hilang.

Itu dia beberapa manfaat yang terkandung dalam sayuran sawi pahit. Semoga bermanfaat ya.


Baca juga *

Comments

Post a Comment