Skip to main content

Manfaat Nyata Buah Nangka

안녕... 

kamu suka buah nangka matang atau justru suka nangka yang muda (alias gori)? pilihan yang sulit ya hehehe. sebenernya saya pribadi suka dari kedua tipe buah tersebut. jika nangka muda saya akan mengolahnya menjadi sayur, namun jika nangka matang saya bisa langsung mengkonsumsinya atau mengolahnya lagi menjadi makanan enak.
taukah kamu, bahwa segudang manfaat ada dalam kandungan buah nangka. selain rasanya yang manis dan baunya yang khas, buah nangka bukan saja hanya di gunakan di dalam campuran kue, maupun minuman, tapi buah nangka ini mempunyai kandungan serat yang endah kalori loh, jadi baik bagi orang yang menderita sakit jantung.

kali ini kita akan membahas beragam manfaat buah nangka untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Kalium yang terdapat di buah ini mampu mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. kandungan kalium juga bisa mengurangi terkena serangan jantung dan stroke. selain itu nangka juga mengandung resveratrol yang memiliki efek proteksi kardio jadi mampu mengobati penyakit kardiovaskular seperti hipertensi dan iskemia.

2. Baik untuk Penglihatan

banyak nutrisi yang terkandung dalam buah nangka, termasuk beta karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata dan mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva. Lutein dan zeaxantin adlaah satu satunya karotenoid yang tersimpan dalam jumlah besar dalam retina dimana mereka menyaring cahaya berbahaya dan melindungi serta menjaga fungsi sel sehat yang berada di sekitar area mata.

3. Mengotrol diabetes

buah nanggka ini banyak mengandung vitamin dan mineralyang bisa membantu mengurangi resiko komplikasi diabetes. 

4. Meningkatkan Imunitas dan Melawan Kanker

Nangka banyak mengandung antioksidan alami dan zat  fitonutrien untuk melawan kanker. disamping itu sebuah penelitian yang di terbitkan dalam jurnal karsinogenesis menemukan bahwa vitamin C yang terkandung dalam buah nangka mampu meningkatkan aktifitas enzim antioksidan penting yang membantu mencegak kanker payudara. jika semua zat dan nutrisi tersebut di gabungkan, maka akan membuat nangka menjadi makanan yang berpotensi untuk melawan kanker.

5. Memperbaiki sistem Pencernaan

Serat yang banyak di kandung dalam buah nangka dapat memperlancar sistem pencernaan seperti sembelit. selain itu buah nangka merupakan karbohidrat kompleks yang cocok  di konsumsi saaat melakukan program diet. karna kandungan krbohidratnya akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu makan kamu.

6. Meningkatkan kesehatan Tulang

Buah nangka mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. kalsium di butuhkan tulang dalm pembentukan dan pemeliharaan untuk jaringan tulang tersebut. jadi mengkonsumsi nangka setiap hari bisa mencengah gejala penyakit tulang seperti osteoporosis. selain itu kandungan nangka juga meningkatkan kepadatan tulang yang kuat.


itu dia sebagian dari manfaat buah nangka. namun harus diketahui juga bahwa daun nangka juga memiliki manfaat loh untuk kesehatan kamu. penelitian pernah menyebutkan bahwa kandungan dari daun nangka dapat membantu mengurangi kadar gula darah. dan dapat juga mengendalikan diabetes.

tapi kalian juga harus ingat, sesuatu yang di konsumsi secara berlebihan juga memilioki resiko. jadi pergunakanlah dengan sebaik mungkin, agar kamu tetap aman dan mendapatkan manfaat manfaat dari buah nangka tersebut.

Semoga bermanfaat...

Comments