Skip to main content

Ini Manfaat Puasa Senin dan Kamis (Amalan sunnah dengan berbagai manfaat)

안녕.... ^^


Ayo puasa di hari senin dan kamis!!
Puasa senin kamis merupakan puasa sunah ya bud. Setelah menunaikan puasa yang wajib, alangkah baik kita menyempurnakannya dengan amalan yang sunnah. Benar? puasa itu bukan hanya berarti menahan makan dan minum, puasa juga berarti menahan diri dari berbagai godaan syahwat di dunia dan terlepas dari siksa neraka di akhirat. Sebenarnya puasa sunnah nantinya akan menutup kekurangan yang ada di puasa wajib. Maka dari itu, puasa sunnah bukan kaleng kaleng yaa.. (alias penting).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ


"setiap amalan kebaikan yang di lakukan oleh manusia akan  di lipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang misalkan hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), "kecuali amalan puasa. amalan puasa tersebut adalah untuk-ku. aku sendiri yang akan membalasnya. di sebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-ku.bagi orang yang berpuasa akna mendapat dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harus di sisi Allah dari pada bau minyak kasturi"". (HR. Muslim No.1115)

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ كُلُّ الْعَمَلِ كَفَّارَةٌ إِلاَّ الصَّوْمَ وَالصَّوْمُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ


Allah 'azza wa zalla berfirman (yang artiny), "setiap amalan adalah sebagai kafaroh/tebusan kecuali amalan puasa. amalan puasa adalah untuk-Ku. aku sendiri yang akan membalasnya". (HR. Ahmad. Syaikh Syu'aib All Arnauth Mengatakan bahwa sanad hadist ini shahih sesuai syarat muslim).


Dapat di simpulkan, pahala puasa yang tak terhingga akan di dapat bagi kamu, orang orang yang rajin berpuasa. Apalagi jika melakukannya dengan Ikhlas dan Sesuai syariah.

Berikut Dalil dalil yang menganjuran Puasa senin kamis


  • (Dalil pertama)
Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

"Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku di utus atau di turunkannya wahyu untukku".

  • (Dalil kedua)
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

"Berbagai amalan di hadapkan (pada Allah) pada Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku di hadapkan sedangkan aku sedang berpuasa".


  • (dalil ketiga)
Dari ‘Aisyah, beliau mengatakan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biiasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis".


Manfaat dari Puasa Senin kamis
  • melatih disiplin dan kesabaran
  • mingkatkan rasa syukur
  • menambah amal shaleh
  • membuang rajlcun dalam tubuh (terutama lambung)
  • menjaga kesehatan tubuh
  • meningkatkan fungsi otak
Puasa sunnah senin kamis ini dilakukan sama dengan seperti puasa wajib di bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka. Untuk masalah niat, tidak ada lafazh niat tertentu. Niat cukup dalam hati.
Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ 

"Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta'ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit." 'Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya.

Dari ’Aisyah, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah. Rasul shallallahu ’alaihi wa sallam menjawab,

أَدْوَمُهُ وَإِنْ قَلَّ

"Amalan yang  rutin (kontinu), walaupun sedikit".

dengan sedikit tulisan dari puasa sunnah ini, semoga Allah memudahkan kita melakukan amalan yang mulia ini. segala puji bagi allah, dan semoga juga dengan nikmat yang di berikan segala perbuatan kebaikan menjadi sempurna. Amin ^^




Comments