Skip to main content

What is TOPIK ( Test Of Profeincy In Korean ) simak yuk!


안녕.. 

Mungkin banyak sebagian dari kalian yang belum tau tentang TOPIK ini. 
Topik itu kepanjangan dari Test of Proficiency in korean. Jadi TOPIK ini sama kayak TOEFL atau IELTS di tes tes yang ada dalam ujian bahasa inggris. 

Apa manfaat dari TOPIK ini?
Selain seritifikat dari topik ini dapat di gunakan untuk mencari kerja di korea, ini juga digunakan utk kalian yang mau melanjutkan study di sana. Atau bahkan sertifikat ini di katakan wajib untuk melengkapi beberapa dokumen kamu dalam mengajukan visa. Termasuk visa menikah. Walaupun di website kedutaan korea tidak di katakan untuk mencantumkan sertifikat topik dalam pengajuan married visa, tp tidak ada salahnya kalian tetap mencari tau informasi lebih agar semua yang kalian harapkan lancar. Intinya stay safe ya kawan kawan ^^ Benar atau tidak.

Tes TOPIK itu gimana sih? 
Nah, TOPIK ini sendiri ada dua macam. TOPIK I dan TOPIK II. Pasti kalian mikir bedanya apa sih? 
TOPIK I itu tesnya reading dan listening. Kalau yang TOPIK II nya reading, listening dan writing. Di setiap Topik nya juga ada level level an lagi nih.
jadi kalau skor tes kalian kurang dari 80 sudah pasti kalian tidak lulus, dan artinya harus mengulang ikut tes lagi (jangan putus asa) ^^

Durasi dan struktur tes kira kira seperti tabel d bawah ini ya
Jumlah soal TOPIK I adalah 70 soal dan durasi selama 100 menit. Sedangkan untuk TOPIK II ada 2 bagian. Bagian pertama terdiri dari 50 soal pilihan ganda dan 4 soal tertulis dan berdurasi 110 menit. Bagian kedua adalah soal pemahaman bacaan yang terdiri dari 70 soal pilihan ganda, dan harus diselesaikan dalam waktu 70 menit. 

Kapan dan dimana Tes TOPIK diadakan? 
Kalau di Indonesia, TOPIK ini diadakan hanya 2x dalam setahun, untuk jadwalnya bisa dicek sendiri di website TOPIK, setau aku diadakan di bulan April dan Oktober. Tapi untuk tanggal, biasanya berubah ubah. pendaftaran nya sendiri di 2 bulan sebelum di adakannya tes TOPIK dan jangka waktu pendaftarannya cuma 2 minggu, misalkan untuk tes yg di bulan April, pendaftaran sudah dibuka dari Januari. Jadi, buat yang mau ikut tes TOPIK, persiapkanlah dari sekarang ya^^~
Tes TOPIK kalau di negara kita itu ada di Jakarta, dan pasnya di JIKS (Jakarta International Korean School) alamatnya Jalan Binamarga No. 24, Kelurahan Ceger, Cipayung, DKI Jakarta
Pendaftarannya bisa langsung di JIKS dan kalau ga salah denger di Univ UGM juga bisa.
Saat mendaftar jangan lupa bawa KTP asli ya, karna nantinya KTP ini akan di gantikan dengan semacam Access Card kalian biar bisa masuk untuk mendaftar.
Apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar TOPIK :

- Formulir TOPIK dan Formulir Pembayaran
- Foto 3 x 4 (2-3 lembar)
- Fotokopi KTP
- Biaya Pendaftaran : TOPIK I  : Rp 200.000
                            TOPIK II : Rp 300.000

Saat kalian mendaftar kalian pun akan langsung mendapatkan no ujian yang nantinya no ini akan di tukarkan kembali dengan kartu ujian kalian di 2 bulan kemudian. Jadi, setelah mendapatkan bukti pembayaran dan no ujian, harap di simpan baik baik, kalau sampai hilang, kalian selesai hehehhe

Baiklah, mungkin dari sekarang kalian sudah bisa membayangkan sedikit banyak bagaimana dan harus gimana untuk bisa lulus di tes TOPIK nya ya. Banyak kok aplikasi yang memperlihatkan beberapa contoh soal TOPIK.
Dan bagi kamu yang sudah mendaftar, sampai jumpa di Test TOPIK ya. 
semoga bermanfaat^^

Comments