Skip to main content

Mengikuti Ujian Topik dan bagaimana persiapannya? yuk, berbagi pengalaman!


Test Of Proficiency in Korean

안녕... 


Kalau di artikel ku sebelumnya membahas sedikit tentang apa itu TOPIK, di artikel ku kali ini aku ingin berbagi cerita sedikit tentang pengalaman aku mengikuti ujian TOPIK. 
Aku termasuk banyak belajar otodidak untuk ujian topik ini, seperti banyak nonton Kdrama, Kpop dan macam aplikasi pintar tentang dasar bahasa korea. Karna awalnya aku juga ga ada keinginan untuk belajar bahasa korea, alasannya karna aku menikah dengan warga negara korea. Karna nya mau tak mau, bisa tak bisa, sedikit atau banyak aku harus bisa mengerti bahasa dari suamiku. Kan ga lucu, kalau suami kasi ucapan romantis atau kasi kode cinta kita nya ga ngerti maksudnya (harusnya peka sih ya) 

Aku menikah di bulan Januari 2019, tapi aku belum bisa tinggal d korea bersama suami, karna terkait visaku yang belum bisa terealisasikan hehehe. 
Setelah menikah, aku sudah mendapat info tentang ujian TOPIK yang pendaftarannya sendiri akan di langsungkan jauh jauh hari atau 2 bulan sebelum di adakannya tes TOPIK ini. Di artikel aku sebelumnya aku sudah menyebutkan kapan TOPIK ini biasa di laksanakan yaitu April dan Oktober. Maka pendaftaran akan di adakan 2 bulan sebelumnya. 
Jadwal TOPIK

Nah setelah menikah, aku berusaha sekeras dan senekad mungkin untuk mendaftar ke salah satu instansi kursus bahasa korea. Ceritanya biar ga kewalahan, maklum kalau kata orang medan "oon" 😁. Sebenernya ada 2 kelas bahasa korea sih yang pengen banget aku daftarin, tapi sadar diri kalau kelas itu hanya d peruntukan bagi orang2 yang beruntung hehhehe. (udah daftar, cuma ga ada balesan dari pihak instansi terkait😭) 
Namun tak putus asa, aku tetap mencari informasi beberapa tempat kursus bahasa korea di jakarta. 
Akhirnya aku berjodoh dengan Namsan Korean Course. alamatnya ga susah di cari, anggep aja kalian mau belanja. Yup Namsan course nya ada di Blok M Plaza. 

Namsan Korean Course

Di bulan Februari aku pergi ke jakarta untuk mendaftar Ujian TOPIK I (lulus saja sudah syukur jadi ga daftar yang untuk TOPIK II nya). Waktu ku untuk belajar tidak banyak. Hanya sekitar 60 hari. Tapi aku harus bisa lulus di ujian itu.
Dengan 2 kali seminggu dan berdurasi 2 jam untuk kursus, sebenarnya itu tidak akan cukup. 
Alat tempur belajar di Namsan

Aku juga mendownload beberapa aplikasi yang mungkin bisa menjadi rekomendasi kalian bagi yang akan mengikuti TOPIK.  


Beberapa contoh aplikasi pembantu

Salah satu dari aplikasi itu berisi tentang beberapa soal topik terdahulu. Semoga bisa membantu kamu. 
Setiap hari aku belajar dan menonton film korea, tapi tetap saja aku belum merasa pintar. Mungkin itu yang dinamakan lemot😔. Ga apa apa ya, yang penting tetap berusaha. Menang atau tidaknya serahkan semuanya pada yang kuasa. 

Di Namsan ini, aku belajar dari dasar banget. Gimana sih nulis hangul, gimana bunyinya ya begitulah kira2. Setelah aku mengerti sedikit tentang dasar, dan karna PD nya aku bisa belajar sendiri akhirnya aku memutuskan ikut kelas hanya dalam sebulan. Selebihnya aku belajar sendiri menjelang TOPIK (sangking PD nya). 
dan benar saja, sebulan d jakarta aku pulang k medan. Lalu melanjutkan belajar d rumah. 


Minggu demi minggu, hari demi hari, detik ke detik, pokoknya dari waktu ke waktu, akhirnya jadwal ujian TOPIK tiba (ga terasa ya😔) Aku pun berangkat lagi menuju jakarta dan mencari hotel yang paling dekat dengan JIKS (Jakarta International Korean School) biar esok paginya aku bisa pergi lebih awal. 

Dengan ingatan dan ilmu seadanya aku awali dengan bismilah. 
Esok hari sesampainya di JIKS akulah orang pertama yang menginjakan kaki di bumi eh di JIKS (selain staf dan security nya). Selang beberapa menit barulang mereka berdatangan. banyak sekali ternyata yang akan mengikuti ujian ini, bukan ratusan, tp ribuan. Wah.. 
JIKS

Masih ingatkan dengan kartu ini. 
Kartu ini di gunakan lagi untuk menukar kartu ujian kita. 


Bukti Pembayaran Pendaftaran

Kartu Ujian

Saat mendapatkan kartu ujian, aku bergegas mencari ruangan dan tempat duduk biar ga keburu buru nantinya. Oiya pihak panitia tidak memberi toleransi atas keterlambatan kita. Terlambat  semenit pun is big problem. Karna sejatinya orang orang korea sangat amat disiplin. 
untuk TOPIK I ini biasanya dimulai jam 9.30 pagi. Jd jangan sepele, keliatannya aja kita bisa santai. Tapi setelah kita liat ratusan orang yang akan ujian, jangan salahkan waktu kalau kamu bakal keteter. Apalagi datang udah di atas jam 8. lebih baik datang paling awal, Karena sebelum ujian biasanya bakal ada beberapa instruksi penting dari si panitia. Dan yang TOPIK II jam 12.30 siang.

Di ujian TOPIK kita ga perlu bawa alat tulis ya, karna panitia akan bagiin pulpen. Jd tuh pulpennya punya 2 kepala. Satu untuk nulis dan satu lagi untuk mendengar dan membaca. Pokoknya sebelum ujian berlangsung pasti bakal dikasih. Terus, kalo dalam pengisian ada yg salah Panitia juga nyediain correction tape (tipex). Tapi, panitia yang selalu pegang kendali atas tipeX ini. Jadi, kalo mau pake, harus angkat tangan dulu. Biar di kasi sama panitia. 
Alat tulis TOPIK

Nah saat ujian, karna TOPIK I emang buat beginner, aku ga takut takut banget karna menurut ku kalau kita dah sering denger bahasa korea walaupun lewat otodidak sekalipun pasti bisa dan dapet nilai meskipun pas pas an. vocabulary yg muncul di ujian juga umum banget. Rata2 yang emang sering dipake sehari hari. 

Saat ujian jangan sekali kali kalian melakukan kecurangan, karna jika itu terjadi serius tiada ampun. Parah banget kan. Pas ujian juga walau kalian pengen ke toilet kalian akan di kawal oleh panitia, makanya sebelum ujian berlangsung panitia memberikan arahan dan menyuruh kita untuk ke toilet. Agar waktu ujian kita kita tidak siasia hanya karna ingin buang air. Inget ya guys, 100 menit itu bukan waktu yang lama di tambah lagi ujiannya itu terbagi 2 (reading dan listening). 
Pengalaman saya, begitu bel bunyi menandakan waktu habis ada 10 atau 11 soal yang tidak saya jawab. Apalagi melihat bringasnya panitia saat mengutip kertas ujian. Panitia terang terangan memperingatkan kami dengan keras. "STOP TO FIll". Suaranya menggelegar bagai halilintar. Takut yang kami rasakan kami lampiaskan dengan terburuburu pergi ke toilet.

Hasil TOPIK ini akan keluar setelah satu bulan lamanya. hasil ujiannya bisa diliat di website TOPIK itu sendiri yaitu di www.topik.go.kr  Atauuu, kalau kalian mau bisa langsung dateng ke tempat kalian tes, jd Bisa sekalian ambil sertifikat aslinya. Sebenernya ngeliat di website lumayan ribet. Karna pas masuk web, kalian harus install beberapa aplikasi gitu (pokoknya ikutin aja) Kalo ga instal, ga akan bisa printout sertifikat topiknya (kalau lulus ya). Setelah berhasil install, udah dehhh kalian bisa klik 성적증명서 발급. Di situ kalian bisa liat hasil ujian, dan mau ngeprint sertifikatnya atau gak. Tp sayang, soft copy sertifikatnya gabisa di save, jadi di situ kalian buka web nya di situ juga kalian bisa printout.

Hemm... Itu sedikit cerita dari aku tentang TOPIK Test. Semoga kamu atau siapapun yang akan mengikuti TOPIK berikutnya di berikan kemudahan dan kelancaran ya. Amin^^
Salam hangat dari aku. 
Good day dan 화이팅 여러분 ^^


Pos terkait *
Apa itu TOPIK? (all about Korea)

Comments